UGM dan KAGAMA Kirim Surat Protes Pada Marzuki Alie

Posted: May 9, 2012 in Berita Terkini

Yogyakarta Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Keluarga Alumni Gadjah Mada (Kagama) mengirim surat protes kepada Ketua DPR Marzuki Alie atas pernyataan mengenai koruptor alumnus UGM dan Universitas Indonesia (UI). UGM juga akan mengirimkan surat penjelasan khusus yang ditujukan kepada Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat (PD) tersebut.

“Kami akan mengirimkan surat resmi kepada beliau,” kata Kepala Kepala Humas UGM, Wijayanti kepada wartawan, Selasa (8/5/2012).

Menurut Wiwit keputusan pengiriman surat tersebut berdasarkan atas rapat khusus yang dihadiri mantan Rektor UGM Prof Sudjarwadi dan pimpinan lainnya. Surat tersebut diantaranya berisi tentang informasi mengenai bagaimana UGM dalam mendidik mahasiswanya.

“Dalam surat tersebut akan dicantumkan pula tentang sepak terjang alumnus UGM yang banyak berperan dalam kemajuan bangsa. Jadi tidak benar itu,” kata Wiwit.

Hal senada juga diungkapkan Ketua Umum Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (KAGAMA) Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Sekjen, Prof Dr Budi Wignyosukarto.

Selaku Ketua Kagama, Sultan meminta agar Marzuki tidak membandingkan antara UI dan UGM dalam hal kasus korupsi. Dia juga menampik keras bila kelompok intelektual adalah para pelaku korupsi.

Sementara itu Sekjen Kagama, Budi Wigjosukarto menyesalkan pernyataan Marzuki Alie yang memiliki titel doktor itu. Pernyataan tersebut dikhawatirkan akan menimbulkan stereotipe negatif bahwa lulusan perguruan tinggi pasti korupsi.

Menurutnya sebagai orang berpendidikan kalau menyimpukan suatu thesis pasti didasarkan proses induksi data yang relevan. Sebab bila tidak melalui proses itu, artinya belum berpendidikan. Pendidikan karakter juga tidak bisa hanya dilakukan di lingkungan pendidikan formal, lingkungan masyarakat dan tempat kerja lebih berperanan besar.

Budi menegaskan koruptor digeneralisasi dengan orang pandai itu membahayakan. Karena penyebab praktek korupsi adalah sistem birokrasi dan peraturan yang tidak ketat.

“Saya khawatir Marzuki membuat hipotesa tanpa data yang tidak terlalu kuat. Alumnus UGM banyak yang mengabdi kepada negara dan tidak korupsi,” pungkas guru besar Fakultas Teknik itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s